Site icon Mawan.NET

VestaCP: Cara Upgrade ke PHP 7.1 di CentOS 7

Startup Stock Photos

Walau pun bagi kebanyakan orang, Webmin dan ISPConfig dinobatkan sebagai Free Web Hosting Control Panel terfavorit di luar CPanel dan Plesk yang tidak gratis, namun kesederhanaan VestaCP mampu membuat para pecintanya tidak mau berpindah ke lain hati. Bagi pemula, VestaCP mungkin bisa menjadi pilihan pertama dan jalan pintas tercepat membangun website di VPS tanpa harus pusing belajar segala teori tentang jaringan komputer. Masalah yang mengganggu adalah: Sampai artikel ini ditulis (23 November 2017), versi VestaCP masih 0.9.8-17 yang dirilis 25 November 2016 atau setahun yang lalu. PHP-nya masih versi 5.6. Padahal, Moodle versi terbaru (3.4+) mensyaratkan PHP harus versi 7.0 atau yang lebih baru.

Lalu apakah kita harus menunggu sampai VestaCP versi terbaru muncul? Ah, terlalu lama. Mari kita upgrade saja secara manual.

Caranya, masuk dulu ke shell (command line) CentOS 7 via SSH. Setelah itu kita tambahkan REMI repository yang sesuai lalu mengaktifkannya.

wget https://dl.fedoraproject.org/pub/epel/epel-release-latest-7.noarch.rpm
wget http://rpms.remirepo.net/enterprise/remi-release-7.rpm
rpm -Uvh remi-release-7.rpm epel-release-latest-7.noarch.rpm
 
yum --enablerepo=remi update remi-release
yum --enablerepo=remi-php71

Kemudian hentikan Apache2 dan hapus PHP bawaan VestaCP.

service httpd stop
yum -y remove php

Saatnya beraksi. Mari kita pasang PHP 7.1

yum install php71-php
yum install php71-php-pear php71-php-bcmath php71-php-pecl-jsond-devel php71-php-mysqlnd php71-php-gd php71-php-common php71-php-fpm php71-php-intl php71-php-cli php71-php php71-php-xml php71-php-opcache php71-php-pecl-apcu php71-php-pecl-jsond php71-php-pdo php71-php-gmp php71-php-process php71-php-pecl-imagick php71-php-devel php71-php-mbstring

Langkah terakhir, hentikan php-fpm lama lalu jalankan yang baru.

service php-fpm stop
service php71-php-fpm start

Bila ingin PHP 7.1 menjadi PHP default, berikan perintah di bawah ini.

ln -s -f /usr/bin/php71 /usr/bin/php

Selesai. Mudah kan?

Catatan:
Bila dilihat melalui fungsi phpinfo(), tampak bahwa loaded php.ini tidak lagi /etc/php.ini tetapi /etc/opt/remi/php70/php.ini sehingga setting php.ini di control panel VestaCP menjadi tidak akurat. Silakan lakukan secara manual melalui shell.

Exit mobile version