VestaCP: Cara Upgrade ke PHP 7.1 di CentOS 7

Web Hosting

Walau pun bagi kebanyakan orang, Webmin dan ISPConfig dinobatkan sebagai Free Web Hosting Control Panel terfavorit di luar CPanel dan Plesk yang tidak gratis, namun kesederhanaan VestaCP mampu membuat para pecintanya tidak mau berpindah ke lain hati. Bagi pemula, VestaCP mungkin bisa menjadi pilihan pertama dan jalan pintas tercepat membangun website di VPS tanpa harus pusing belajar segala teori tentang jaringan komputer. Masalah yang mengganggu adalah: Sampai artikel ini ditulis (23 November 2017), versi VestaCP masih 0.9.8-17 yang dirilis 25 November 2016 atau setahun yang lalu. PHP-nya masih versi 5.6. Padahal, Moodle versi terbaru (3.4+) mensyaratkan PHP harus versi 7.0 atau yang lebih baru.

Lalu apakah kita harus menunggu sampai VestaCP versi terbaru muncul? Ah, terlalu lama. Mari kita upgrade saja secara manual.

Caranya, masuk dulu ke shell (command line) CentOS 7 via SSH. Setelah itu kita tambahkan REMI repository yang sesuai lalu mengaktifkannya.

Kemudian hentikan Apache2 dan hapus PHP bawaan VestaCP.

Saatnya beraksi. Mari kita pasang PHP 7.1

Langkah terakhir, hentikan php-fpm lama lalu jalankan yang baru.

Bila ingin PHP 7.1 menjadi PHP default, berikan perintah di bawah ini.

Selesai. Mudah kan?

Catatan:
Bila dilihat melalui fungsi phpinfo(), tampak bahwa loaded php.ini tidak lagi /etc/php.ini tetapi /etc/opt/remi/php70/php.ini sehingga setting php.ini di control panel VestaCP menjadi tidak akurat. Silakan lakukan secara manual melalui shell.

VPS murah. Perbulan cuma seharga 1 mangkok bakso ($0.99/month). Klik di sini.
Mau mendapat bonus $20? Mendaftarlah menggunakan link ini. Penawaran terbatas!

Tinggalkan Balasan