Wifi 2,4 GHz vs 5 GHz

Web Hosting

Umumnya wifi router “zaman doeloe” hanya bekerja pada single band (pita tunggal) yaitu pada frekuensi 2,4 GHz, sedangkan wifi router zaman sekarang telah banyak yang mampu bekerja pada dual band yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Pertanyaannya: Pentingkah angka-angka ini? Banyak orang awam menganggap tidak penting. Disangkanya, angka-angka ini hanyalah seperti angka-angka channel pada remote control pesawat TV, padahal dengan memahami perbedaan, kelebihan dan kekurangan wifi router 2,4 GHz dan 5 GHz, kita bisa memanfaatkan wifi router sehingga berfungsi secara maksimal.

Wifi router adalah sebuah perangkat yang mentransmisikan sinyal internet melalui gelombang radio. Zaman dulu, sebuah komputer harus dihubungkan dengan kabel agar bisa terhubung ke internet. Kini kita bisa mengucap terima kasih untuk teknologi nirkabel karena menyingkirkan kabel-kabel yang bersliweran.

2,4 GHz

Banyak peralatan rumah tangga memancarkan frekuensi 2,4 GHz, misalnya telepon nirkabel, remote pintu garasi mobil, bluetooth, bahkan microwave. Sinyal-sinyal ini tentu saja bisa saling bertubrukan. Untunglah, wifi router 2,4 GHz mempunyai 11 channel. Perhatikan gambar di bawah ini.

Channel 1 sampai 5 saling tumpang tindih. Artinya, gelombang sinyal wifi yang menggunakan channel 1 sampai 5 masih bisa saling bertabrakan. Agar tidak bertabrakan, maka bila anda mempunyai 3 wifi router, wifi pertama harus bekerja pada channel 1. Wifi ke-2 pada channel 6. Dan wifi ke 3 pada channel 11.

Dengan kata lain, wifi router 2,4 GHz mempunyai 3 channel yang tidak saling tumpang tindih (non overlapping channel).

Kelebihan 2,4 GHz adalah jangkauannya lebih jauh, juga mampu menembus tembok.

Telkom @wifi.id bekerja pada frekuensi ini.

5 GHz

Secara teori, pita 2,4 GHz mempunyai kecepatan transfer data sebesar 450 Mbps sampai 600 Mbps. Sedangkan 5 GHz mampu lebih cepat lagi yaitu sampai 1300 Mbps.

Kelebihan lainnya adalah 5 GHz mempunyai 25 channel yang tidak saling tumpang tindih.

Artinya, anda bisa mempunyai 25 wifi router 5 GHz yang sinyalnya tidak saling bertabrakan.

Bandingkan dengan 2,4 GHz yang hanya mempunyai 3 non overlapping channel.

Kekurangannya: Jangkauan sinyalnya lebih dekat dan tidak bisa menembus tembok.

@wifi.id

Bila di kantor atau di sekolah anda sudah ada access point Telkom @wifi.id, anda tidak perlu khawatir sinyalnya akan mengganggu jaringan yang sedang anda rancang. Gunakan saja frekuensi 5 GHz. Ingat bahwa frekuensi 5 GHz mempunyai 25 channel yang non overlap. Artinya, bila satu ruang dipasang satu access point, anda bisa mempunyai 25 ruang yang sinyal wifinya tidak saling bertabrakan, bahkan tidak pula bertabrakan dengan sinyal @wifi.id walau pun disandingkan bersebelahan.

VPS murah. Perbulan cuma seharga 1 mangkok bakso ($0.99/month). Klik di sini.
Mau mendapat bonus $20? Mendaftarlah menggunakan link ini. Penawaran terbatas!

SMK Swasta Berkualitas?Klik di Sini
+