Webhosting Termurah dan Terbaik 2019

Web Hosting

Walau pun sekarang zamannya VPS karena tarif yang semakin murah, tapi shared web hosting dan cloud web hosting masih menjadi pilihan bagi para pemula, pelajar, mahasiswa, atau pengelola web yang jumlah pengunjungnya tidak banyak. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena tidak perlu pusing memikirkan instalasi OS, instal Web Control Panel, dan setting security seperti yang dilakukan bila kita menggunakan unmanaged VPS.  Dengan shared web hosting atau cloud web hosting, kita bisa langsung membuat website. Biasanya sudah tersedia CPanel dan dukungan teknis bila menemui kendala.

Kekurangan shared web hosting dan cloud web hosting adalah unjuk kerjanya. Ratusan pengunjung yang datang serempak, bagi VPS mungkin tidak masalah, tapi bisa memunculkan pesan “Server sibuk” bila menggunakan shared web hosting dan cloud web hosting. Tapi apakah semua demikian? Ternyata, ada beberapa perusahaan hosting yang kualitasnya lumayan bagus. Silakan simak review berikut ini.

LUAR NEGERI

“Edan!” gumamku di dalam hati. “Gini hari masih ada web hosting seharga $15.99 (sekitar Rp 228 ribu) pertahun, gratis domain dan bisa dipasang sampai 10 domain!” Dengan tarif serendah ini, biasanya kita hanya diberi jatah satu domain saja. Space pun tidak sampai 10 GB. Akhirnya pencarianku pun berhenti di perusahaan web hosting ini dan menobatkan sebagai layanan termurah dan terbaik. Lokasi data centernya pun tidak jauh dari Indonésia yaitu Singapura.

Perusahaan-perusahaan penyedia jasa hosting dari Eropa Tengah dan Eropa Timur memang tergolong gila-gilaan murahnya, misalnya Hostens. Sekedar informasi, Hostens adalah adiknya Time4VPS. Mereka milik Interneto Vizija, yang didirikan tahun 2003. Berarti mereka cukup veteran di industri ini.

Sang kakak, Time4VPS, menyediakan VPS bersistem operasi Windows dengan tarif yang juga murah. Hanya 5,99 EUR per bulan, atau sekitar Rp 95.000/bulan.
Adakah perusahaan lain yang berani memberi tarif semurah ini? Tolong saya dikabari bila ada. Untuk bapak/ibu guru yang ingin memasang aplikasi Dapodik atau E-Rapor dengan sistem operasi Windows (bukan Linux), mungkin Time4VPS layak dicoba.

Hostens.com - A home for your website

Apa yang akan didapat dengan biaya Rp 228 ribu?

  • Gratis domain (.online, .site, .tech, dan .website).
  • 10 GB disk space.
  • 10 website.
  • 10 database.
  • 100 email.
  • CPanel.
  • Free SSL (https).
  • Instal Wordpress hanya dengan 1 kali klik.

Dan masih banyak fitur lainnya. Sangat cocok untuk para pemula. Gunakan kupon bookworm untuk mendapat diskon.

Sebagai gambaran: Domain .online biaya pertahunnya Rp 540 ribu untuk perpanjangan. Biaya sewa CPanel Rp 214 ribu perbulan. Kalau saya sih, uang sebanyak ini mendingan dipakai untuk kredit sepeda motor, hehehe…

Kekurangan perusahaan luar negeri adalah tidak bisa dibayar menggunakan transfer bank, alias harus memakai kartu kredit. Tapi zaman sekarang, kartu kredit mudah didapat. Bila takut kebobolan, gunakan kartu kredit yang harus ada deposit terlebih dulu, misalnya kartu kredit dari Bank BTPN (Jenius). Misalkan kita mendepositkan Rp 500 ribu, maka pembelanjaan tidak bisa lebih dari Rp 500 ribu. Aman kan? Lain halnya dengan kartu kredit konvensional. Misalkan limitnya Rp 10 juta, bila nomor kartu kredit dicuri hacker, maka kita bisa dikejar-kejar debt collector.

Tersedia 3 pilihan data center yaitu Eropa, Amerika Serikat, dan Asia. Saran saya, gunakan Asia. Data centernya ternyata di Singapura. Sangat ngacir. Bagi saya, seolah data centernya ada di Jakarta.

SLA-nya 99,95%. Artinya dijamin dalam satu tahun, server down tidak akan lebih dari 4 jam. Sampai tulisan ini dibuat, saya belum menemukan keluhan. Malah berencana akan memindahkan beberapa domain ke situ.

DALAM NEGERI

Secara umum, tarif perusahaan dalam negeri ada di tengah-tengah perusahaan luar negeri. Maksud saya, di luar negeri ada yang terlalu mahal, tapi ada juga yang jauh lebih murah. Bila anda tidak ingin ribet, perusahaan dalam negeri adalah pilihan paling tepat. Pembayaran bisa menggunakan transfer bank lokal, bahkan OVO dan GoPay. Bahasa pun bukan kendala. Mereka fasih berbahasa Indonesia, hehehe…

Tantangan menarik adalah mencari perusahaan yang menawarkan tarif semurah mungkin, kualitas sebaik mungkin, tapi memberi fitur melimpah misalnya unlimited add on domain. Biasanya, yang murah hanya mengizinkan 1 domain saja.

Setelah hunting sekian lama, akhirnya saya menemukan perusahaan hosting dalam negeri yang “mengagetkan”, yaitu Hoster. Bagaimana tidak mengagetkan? Hanya dengan Rp 79.800 untuk tahun pertama, kita sudah mendapat fitur yang gila-gilaan:

  • SSD Storage Unlimited!
  • Bandwidth Unlimited!
  • Add on Domain Unlimited!
  • CPanel terbaru
  • SSL
  • Dan masih banyak lagi.

Setelah satu tahun, kita dikenakan biaya Rp 399.000/tahun. Angka ini masih tergolong rendah, mengingat perusahaan lain bisa sampai jutaan rupiah. Itu sebabnya, Hoster pada bulan Agustus 2019 dinobatkan sebagai Web Hosting Indonesia terbaik versi Mawan.NET.

PENUTUP

Satu pesan penting yang harus benar-benar dipahami:

Web hosting adalah invéstasi jangka panjang.

Bila tarif adalah isu paling sénsitif, maka carilah yang tarifnya bukan promo. Percuma dapat diskon 99% bila hanya 1 bulan atau 12 bulan, selanjutnya bayar 100%. Padahal website kita akan berada di server tersebut selama bertahun-tahun, belasan, atau bahkan puluhan tahun.

Beberapa perusahaan asing yang besar, sudah mulai meninggalkan trik “Diskon murah di awal, lalu mencekik setelahnya”. Meréka lebih memilih memberikan tarif tetap, yang penggemarnya justru lebih banyak dari pada spekulan yang hanya mencari tarif murah kemudian pindah.

Selamat hunting!

VPS murah. Perbulan cuma seharga 1 mangkok bakso ($0.99/month). Klik di sini.
Mau mendapat bonus $20? Mendaftarlah menggunakan link ini. Penawaran terbatas!

Leave a Reply

SMK Swasta Berkualitas?Klik di Sini
+