Template Moodle untuk VestaCP

Tidak diragukan lagi, VestaCP adalah salah satu Web Hosting Control Panel (WHCP) gratis terbaik. Sejak dulu saya mengandalkan VestaCP untuk dipasang di VPS pribadi maupun VPS sekolah. Memang setahun lalu sempat timbul kegemparan akibat ada celah keamanan, tapi kemudian celah itu bisa ditutupi. Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara memperkuat benteng pertahanan agar server dengan WHCP VestaCP tidak mudah ditembus peretas.

Hanya ada satu ganjalan yang sampai artikel ini ditulis, belum juga ada perbaikan resmi dari VestaCP, yaitu tentang halaman yang seharusnya terlihat bila admin Moodle mengaktifkan mode Maintenance. Error ini hanya terjadi bila kita memakai Nginx dan php-fpm. Seharusnya pesan yang muncul adalah “The site is undergoing maintenance and is currently not available”. Tapi bila kita memakai Web Template Nginx bernama Moodle, yang terlihat justru pesan kesalahan “500. Internal Server Error. Sorry, something went wrong :(“. Pesan error seperti ini bukan saja tidak sedap dipandang, tapi juga membingungkan dan membuat siswa panik lalu menghubungi admin. Guru pun mungkin panik. Bayangkan setresnya saya ketika dibanjiri telepon dari ratusan siswa dan guru yang menanyakan satu pertanyaan yang sama.

Pesan error yang seharusnya tidak muncul saat mode Maintenance diaktifkan.

Pesan error yang seharusnya tidak muncul saat mode Maintenance diaktifkan.

Bila melihat dokumentasi dari Moodle (tautan) lalu dibandingkan dengan Template Moodle yang disediakan VestaCP, memang terlihat ada perbedaan.

Berangkat dari itu, saya mencoba membuat template baru bernama Moodle2. Silakan dicopy ke folder /usr/local/vesta/data/templates/web/nginx/php-fpm

Salin kode di bawah ini, kemudian disimpan dengan nama moodle2.tpl

Salin kode di bawah ini, kemudian disimpan dengan nama moodle2.stpl

Setelah disimpan, masuk ke VestaCP lalu klik: Web > Pilih domain > Edit.
Pada Web Template Nginx, pilih Moodle2. Lalu klik Save.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Web Hosting

Leave a Reply