Menghilangkan Pesan Google Chrome: Your Browser is Managed

Saya tidak tahu, sejak kapan Google Chrome di laptop saya memunculkan pesan “Your browser is managed by your organization”. Padahal Google Chrome terpasang di laptop pribadi, dengan Windows 10 yang dibeli secara eceran di toko komputer, bukan Windows Enterprise. Login pun memakai akun Gmail, bukan akun Google For Education. Kebetulan saya adalah guru yang mempunyai email sekolah.

Pesan ini bagi sebagian orang mungkin diabaikan, tapi bagi saya yang perfeksionis dan selalu berhati-hati, cukup membuat cemas, karena bila browser dikelola oleh organisasi, berarti admin bila mengendalikan browser dari jarak jauh. Kedengarannya mengerikan. Apa lagi bila yang mengendalikan ternyata peretas (hacker) yang berhasil menanamkan aplikasi jahat secara diam-diam ketika saya ceroboh memasang aplikasi tertentu atau memasang plugin / extension tertentu.

Langsung saya buka Google, mencari penyelesaikan untuk masalah ini. Tapi di situs web resmi Google Chrome, disarankan agar mereset policy dan memindai (scanning) menggunakan anti virus. Dua cara ini tidak berhasil dan sempat membuat saya meng-uninstall Google Chrome lalu meng-install ulang dengan harapan masalah itu hilang. Ternyata tidak. Browser tetap dinyatakan “Your browser is managed”. Sangat menjengkelkan.

Dengan hampir putus asa, saya mengetik ini di address bar:
chrome://policy

Terlihat ada Chrome Policy bernama PasswordManagerEnabled dengan nilai false.

Saya jalankan Regedit kemudian mencari key PasswordManagerEnabled. Ditemukan seperti ini:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Google\Chrome
PasswordManagerEnabled = 0

Coba angka 0 diganti 1. Ternyata hasilnya sama. Masih Managed.
Coba Chrome diganti menjadi sesuatu yang lain misalkan Krom atau ditambahkan karakter lain misalkan ChromeBak. Saya klik “Reload policies”. Eh, ternyata pesan “Managed by your organization” mendadak hilang! Hore.

Jadi kesimpulannya:
Jangan biarkan ada key: Policies > Google > Chrome.

Key yang harus dihapus dari RegEdit adalah:

Web Hosting